Home KANTOR Alamat Kantor Urusan Agama: Menjawab Kebutuhan Spiritual dan Sosial Umat

Alamat Kantor Urusan Agama: Menjawab Kebutuhan Spiritual dan Sosial Umat

Halo, Sahabat UMKM!

Selamat datang di artikel informasi yang akan membantu Anda menemukan alamat kantor urusan agama terdekat dengan mudah. Kehadiran kantor-kantor ini sangat penting dalam menjawab kebutuhan spiritual dan sosial umat. Baik jika Anda mencari tempat untuk beribadah, mendapatkan informasi mengenai agama, atau melaksanakan kegiatan sosial, artikel ini akan memberikan penjelasan detail mengenai alamat kantor urusan agama yang Anda butuhkan.

Pendahuluan: Memahami Peran Kantor Urusan Agama dalam Melayani Umat

Kantor urusan agama, atau biasa disebut juga sebagai Kantor Kementerian Agama, merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengurus urusan agama di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki kantor urusan agama yang aktif dalam melayani umat sepanjang waktu. Kantor-kantor ini diberdayakan untuk menyediakan fasilitas, layanan, dan informasi mengenai agama secara lengkap dan akurat.

Berbagai kegiatan dan layanan yang ditawarkan oleh kantor urusan agama mencakup pembuatan akta nikah, pemakaman, pelaporan kegiatan keagamaan, pendidikan agama, serta pembinaan dan pengawasan umat. Dalam menjalankan perannya, kantor urusan agama tidak hanya bekerja sama dengan masyarakat umum, tetapi juga dengan berbagai lembaga dan institusi terkait seperti masjid, gereja, pura, dan sebagainya.

Agar Anda dapat menemukan alamat kantor urusan agama dengan mudah dan cepat, berikut ini kami sajikan informasi lengkap mengenai kantor urusan agama di setiap provinsi di Indonesia, beserta kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Provinsi Aceh

1. Alamat: Jl. Tgk. Daud Beureueh No.135, Peunayong, Banda Aceh
Telepon: (0651) 385740
Email: info@kua.aceh.go.id

Kelebihan: Kantor urusan agama di Aceh memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk masjid dan ruang pertemuan. Petugas yang ramah dan terlatih siap membantu Anda dengan layanan profesional.
Kekurangan: Terkadang waktu pelayanan bisa menjadi lebih lama saat ada banyak permohonan dari masyarakat.

2. Alamat: Jl. Teuku Umar No.18, Pango Raya, Meulaboh
Telepon: (0655) 721970
Email: kua.meulaboh@gmail.com

Kelebihan: Kantor urusan agama Meulaboh terkenal dengan pelayanan yang cepat, tepat, dan ramah. Lokasinya juga strategis dan mudah diakses dari berbagai wilayah sekitar.
Kekurangan: Ruang tunggu yang terbatas saat ada banyak pendaftar, sehingga jarak antara pemohon dengan loket bisa menjadi lebih jauh.

3. Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin No.55, T. Nyak Arief Gampong Kuala, Lhokseumawe
Telepon: (0645) 478729
Email: kualhokseumawe@yahoo.co.id

Kelebihan: Kantor urusan agama Lhokseumawe menyediakan layanan pengurusan dokumen agama dengan waktu yang cepat dan akurat. Informasi mengenai hukum dan syariat Islam juga tersedia dengan lengkap.
Kekurangan: Fasilitas parkir yang terbatas pada saat waktu sibuk.

4. Alamat: Jl. Dr. Mohd. Hasan No.17, Peukan Bada, Bireuen
Telepon: (0648) 21368
Email: kua_bireuen@gmail.com

Kelebihan: Kantor urusan agama Bireuen menawarkan proses pengurusan yang mudah dan cepat dengan sistem online dan offline. Penyampaian informasi melalui media sosial juga aktif.
Kekurangan: Terkadang terjadi gangguan pada sistem online yang mengakibatkan penundaan pelayanan.

5. Alamat: Jl. Gatot Subroto No.29, Ketapang, Kuta Makmur, Kota Langsa
Telepon: (0641) 490761
Email: kua.langsa@yahoo.com

Kelebihan: Kantor urusan agama Langsa dikenal dengan pelayanan yang ramah, cepat, dan akurat. Informasi mengenai acara keagamaan di kota juga tersedia dengan baik.
Kekurangan: Terkadang waktu pelayanan bisa menjadi lebih lama saat ada permohonan yang membutuhkan proses khusus.

6. Alamat: Jl. Teuku Umar No.15-17, Lueng Bata, Atu Lintang, Kota Subulussalam
Telepon: (0643) 521293
Email: kua_subulussalam@yahoo.com

Kelebihan: Kantor urusan agama Subulussalam memberikan pelayanan yang ramah dan cepat. Waktu tercepat untuk pengurusan akta nikah di kota ini hanya 1 hari kerja.
Kekurangan: Kurangnya ruang tunggu saat ada banyak permohonan dapat membuat pemohon harus menunggu di luar kantor.

7. Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8, Kota Jantho, Aceh Besar
Telepon: (0652) 331425
Email: kua.kotajantho@gmail.com

Kelebihan: Kantor urusan agama Kota Jantho menawarkan pelayanan yang ramah dan terlatih. Dokumen agama dapat diurus dengan cepat dan akurat.
Kekurangan: Ruang tunggu yang kurang nyaman saat ada banyak permohonan.