Home KANTOR Alamat Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur

Alamat Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur

Salam Sahabat UMKM!

Selamat datang kembali di artikel kami yang kali ini akan membahas alamat kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur. Bagi Anda yang membutuhkan informasi ini untuk keperluan administrasi atau lainnya, artikel ini akan memberikan detail yang Anda cari. Jadi, pastikan Anda membacanya sampai habis ya!

Pendahuluan

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam hal penegakan hukum dan pengawasan penyelesaian perkara hukum di Indonesia. Salah satu unit kerja di bawah Kemenkumham adalah Kantor Wilayah Jawa Timur, yang berkantor pusat di Surabaya. Kantor ini memiliki peran penting dalam menjaga dan melindungi kepentingan masyarakat di wilayah Jawa Timur.

Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur terletak di Jl. Arief Rahman Hakim No. 8, Pucang Sewu, Gubeng, Surabaya. Terletak di pusat kota, kantor ini mudah diakses oleh masyarakat Jawa Timur. Keberadaan kantor ini sangat penting bagi masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi hukum, seperti pembuatan akta kelahiran, akta kematian, atau akta nikah, serta berbagai layanan lainnya.

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur dan membutuhkan layanan hukum, tidak perlu bingung mencari alamat lengkap kantor ini. Berikut adalah informasi lengkap tentang alamat dan kontak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur:

Alamat No. Telepon Email
Jl. Arief Rahman Hakim No. 8, Pucang Sewu, Gubeng, Surabaya (031) 5326450 kanwil.jatim@kemenkumham.go.id

Kelebihan dan Kekurangan Alamat Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur

Kelebihan

1. Lokasi Strategis: Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur terletak di pusat kota Surabaya, yang membuatnya mudah dijangkau oleh masyarakat Jawa Timur.

2. Layanan Terpercaya: Kantor ini memiliki reputasi yang baik dalam memberikan layanan administrasi hukum yang berkualitas dan profesional.

3. Peralatan Modern: Kantor ini dilengkapi dengan peralatan modern dan sistem yang memudahkan proses administrasi, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi waktu tunggu.

4. Tenaga Ahli: Kantor Wilayah ini memiliki staf yang terlatih dan berpengalaman dalam menangani berbagai permohonan dan layanan hukum.

5. Kelengkapan Layanan: Kantor ini menyediakan berbagai layanan administrasi hukum, mulai dari pembuatan akta hingga izin usaha, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluan hukum mereka.

6. Pengawasan Ketat: Kantor ini tunduk pada pengawasan yang ketat dari Kementerian Hukum dan HAM pusat, sehingga layanan yang diberikan terjamin kualitasnya.

7. Responsif Terhadap Keluhan: Kantor ini memiliki mekanisme pengaduan yang efektif, sehingga masyarakat dapat mengajukan keluhan atau saran yang kemudian ditindaklanjuti dengan cepat dan profesional.

Kekurangan

1. Waktu Tunggu: Karena kantor ini melayani banyak permohonan dan layanan, kadang-kadang terjadi antrian panjang dan waktu tunggu yang cukup lama.

2. Keterbatasan Ruang: Ruang tunggu dan ruang pelayanan di kantor ini terkadang menjadi sempit jika terjadi lonjakan pengunjung.

3. Pemrosesan Dokumen: Proses administrasi dan pemrosesan dokumen di kantor ini bisa memakan waktu lebih lama tergantung pada jenis layanan yang diminta.

4. Keterbatasan Layanan Online: Kendala teknis kadang-kadang membuat layanan online kantor ini tidak dapat diakses, sehingga membutuhkan kunjungan langsung ke kantor untuk mengurus administrasi tertentu.

5. Tenaga Kerja Terbatas: Karena lebih fokus pada layanan langsung, kantor ini memiliki tenaga kerja terbatas untuk mengelola pelayanan online.

6. Pembatasan Layanan Selama Masa Pandemi: Selama pandemi COVID-19, kantor ini memberlakukan pembatasan layanan dan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga keamanan dan kesehatan pengunjung.

7. Keterbatasan Jam Operasional: Kantor ini memiliki jam operasional tertentu, sehingga perlu diperhatikan agar datang pada jam kerja kantor untuk memastikan layanan tersedia.