Beranda Perikanan Cara Ternak Ikan Lele Sangkuriang Dengan Hasil Maksimal

Cara Ternak Ikan Lele Sangkuriang Dengan Hasil Maksimal

BERBAGI
cara-ternak-ikan-lele-sangkuriang
image " khasiat.co.id

Lele sangkuriang merupakan jenis varietas baru yang dihadirkan oleh lembaga BBAT Sukabumi melalui rekaya genetik yang dilakukan kepada lele dumbo strain. Cara ternak lele sangkuriang sama dengan cara budidaya ikan lele pada umumnya.

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan ternak ikan lele sangkuriang. Dengan memanfaatkan lahan yang ada, kalian bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk berternak ikan lele sangkuriang.

Budidaya ikan lele sangkuriang biasanya dilakukan dengan memanfaatkan kolam pertanian, namun siapa sangka ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk memulai ternak ikan lele jenis ini. Memanfaatkan lahan kosong yang ada juga merupakan salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk berternak ikan lele sangkuriang.

Ada beberapa cara yang bisa kalian tempuh, jika kalian tidak memiliki kolam pertanian, tetapi memiliki lahan kosong yang ingin dimanfaatkan. Cara pertama yang bisa kalian pilih adalah menggunakan drum dan yang kedua adalah menggunakan terpal.

Metode Budidaya Lele Sangkuriang

1. Menggunakan drum

Ternak lele sangkuriang di drum merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin memulai ternak dengan praktis. Untuk memulai beternak menggunakan drum, alat yang dibutuhkan adalah sebuah drum plastik berukuran 200 liter.

Namun ada tahapan yang harus dilakukan sebelum memulai ternak ikan lele menggunakan drum. Tahap pertama adalah tahap persiapan untuk menyiapkan media ternak.

Drum plastik yang telah disiapkan hendaknya diisi dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Kemudian masukan air sebagai bahan tambahan ke dalam drum yang telah berisi tanah.

Proses tersebut harus dilakukan dengan tujuan menciptakan media yang tepat untuk tumbuh ikan lele, serta menumbuhkan mikroorganisme yang menjadi bahan makanan bibit ikan lele yang akan ditebar. Proses tadi harus melalui jangka waktu minimal 2 minggu dengan cara didiamkan.

Setelah proses pendiaman selama 2 minggu dilalui, barulah tahap selanjutnya bisa dilakukan. Tahap selanjutnya adalah mengisi drum dengan air tawar kemudian kalian bisa mulai untuk menebar bibit ternak ikan lele sangkuriang di drum.

Selalu lakukan pengecekan kondisi bibit yang telah ditebar, biasanya ada bibit yang mati karena proses adaptasi dengan media yang baru.

Harap singkirkan bibit yang mati di dalam drum guna menjaga kebersihan media budidaya ikan lele tersebut.

2. Menggunakan kolam tepal

Metode budidaya memanfaatkan lahan kosong selanjutnya adalah ternak lele sangkuriang di kolam terpal. Cara ini merupakan cara yang tidak berbeda jauh dengan sistem kolam pada umumnya.

Menggunakan metode terpal merupakan jawaban bagi kalian yang mengalami permasalahan dengan jenis kolam tanah dan kolam beton.

budidaya ikan lele sangkuriang
image : programhcs.com

Metode ini juga bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin memulai ternak ikan lele dengan ongkos yang cukup terjangkau. Untuk memulai ternak ikan lele di kolam terpal kalian harus memiliki lahan kosong, namun lahan kosong tersebut tidak perlu terlalu besar.

Selain itu kalian membutuhkan terpal sebagai pelengkapnya. Terpal yang digunakan untuk membuat kolam hendaknya memiliki ketebalan yang cukup.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari air yang merembes melalui terpal tersebut. Setelah itu, kalian harus membuat bingkai pembatas untuk kolam terpal.

Bingkai tersebut bertujuan untuk menghindari gangguan dari luar dan menjadi pancang agar terpal tidak bergeser. Hal yang harus diperhatikan untuk ternak ikan lele di kolam terpal adalah lokasi.

Pilihlah lokasi yang tidak terlalu lembab namun tidak terlalu terekspose matahari. Karena sifat terpal yang menyerap panas apabila berada di tempat yang tersinari matahari secara langsung. Hal tersebut akan berpengaruh pada air di kolam terpal. Ada baiknya pilih pilih tempat yang lebih rindang.

3. Menggunakan kolam tanah

Metode yang terakhir adalah metode yang umum digunakan oleh para peternak ikan lele yaitu ternak lele sangkuriang di kolam tanah. Cara ini merupakan cara yang banyak dilakukan oleh peternak ikan lele sangkuriang.

Keunggulan menggunakan metode ini adalah peternak bisa menebar benih lebih banyak jika dibandingkan menggunakan metode kolam terpal atau metode di drum. Ternak lele sangkuriang organik di kolam tanah harus memperhatikan berbagai aspek, salah satunya adalah kondisi kolam tanah.

budidaya ikan lele sangkuriang kolam tanah
image : youtube

Ada baiknya peternak mengecek terlebih dahulu kondisi dinding kolam tanah mereka. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir kebocoran yang terjadi pada kolam tanah.

Setelah memastikan kolam tanah memiliki tembok yang kuat, masalah selanjutnya adalah pengairan. Peternak harus bisa menjamin sistem pengairan bagi kolam mereka agar bibit lele sangkuriang mampu tumbuh dengan optimal.

Setelah permasalahan tersebut terselesaikan, langkah selanjutnya adalah menebar benih di kolam tanah. Sebaiknya, bagi para peternak yang akan menebar benih ikan lele sangkuriang melakukan sterilisasi benih guna menghilangkan hama.

Selain itu, perhatikan waktu yang tepat untuk melakukan penebaran benih. Pagi atau sore merupakan waktu yang tepat untuk menebar benih ikan lele, karena kesenjangan suhu saat pagi ataupun sore tidaklah besar.

Sehingga benih yang di tebar tidak mengalami shock. Lakukan penebaran benih secara perlahan dan jangan terburu-buru.

Cara ternak lele sangkuriang dengan metode apa yang kalian pilih, semua memiliki keuntungan ataupun kekurangan. Ada baiknya dikaji lebih jauh dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan keuangan yang kalian hadapi.

Namun ada hal yang harus diperhatikan dalam beternak ikan lele adalah hal pakan. Bukan tanpa alsan, lele merupakan ikan yang bisa dibilang cukup rakus.

Artikel sebelumnya >> Cara Ternak Ikan Lele Dalam Drum Plastik dan Besi Yang Benar

Pemberian pakan yang tepat bagi bibit lele sangkuriang akan mempengaruhi pertumbuhan mereka. Jadi kesimpulannya pilihlah metode yang tepat dan berikan pakan yang sesuai bagi bibit lele sangkuriang demi kesuksesan beternak ikan lele sangkuriang. Metode mana yang anda pilih? Tentukan yang terbaik menurut anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here