Beranda Agribisnis Kenali Hama Tanaman Cabe Dan Cara Mengatasinya

Kenali Hama Tanaman Cabe Dan Cara Mengatasinya

BERBAGI
Hama-Tanaman-Cabe-Dan-Cara-Mengatasinya
foto : kabartani

Hama Tanaman Cabai dan cara mengatasinya. Hama adalah ancaman yang paling utama dalam suatu tanaman. Salah satu tanaman yang sangat terkenal para petani lokal adalah cabe.

Tanaman berwarna merah ini sama hal nya dengan tanaman pada umumnya yaitu sering diserang oleh berbagai macam hama serta penyakitnya.

Meskipun hama ini bertujuan sama-sama merusak tanaman, namun ada hal yang membedakannya termasuk pengendalianya serta aplikasi penggunaan pestisida.

Secara umum pestisida berfungsi sebagai anti-fungi atau jamur yang sedang maupun akan menyerang tanaman cabe merah dan hijau.

Dibutuhkan penaanganan khusus dalam merawat tanaman dari hama twrutama cabe. Bagaimanapun itu sangat penting entahkah itu untuk mengehtikan penyakit hama pada buah, batang, daun dan akar.

7 Hama Tanaman Cabe Dan Cara Mengatasinya.

Hama-Tanaman-Cabai
foto : Berita Daerah

Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura)

Setiap hama akan menyerang setiap bagian penting dari setiap tanaman. Ulat ini adalah paling sering muncul bertahan hidup pada daun dan buah cabe.

Ulat grayak pada umumnya sama dengan ulat lainnya yaitu berwarna hijau dan ukurannya sangat kecil. Segala jenis tanaman cabe akan diserang oleh ulat ini.

Hama ini akan menyerang daun cabe yang masih muda, tunas, batang yang masih muda. Gejala dari ulat Grayak dapat berupa daun berlubang dan menjadi layu.

Cara mengatasinya yaitu gunakan Curacron, Regent, Prevathion atau Matador. Biasanya serangan ulat terjadi pada perubahan musim sebelum musim hujan dan terua berlangsung di musim panas berikutnya.

Perlu diperhatikan untuk menggunakan insektisida tersebut agar tidak menyebabkan kematian pada tanaman cabe.

Thrips

Jangan remehka serangan hama bernama Thrips. Perlu diingat bahwa setiap gejala dari hama mempunyai ciri khas masing-masing.

Adapaun gejala hama yang disebabkan oleh dapat mengakibatkan  daun pada tanaman cabe menjadi keriting dan menggulung keatas.

Daun cabe tersebut lama kelamaan akan menguning dan coklat  sehingga menyebabkan kematian pada batang cabe . Thrips menyerang cairan daun cabe.

Berbadan kecil dan dilengkapi moncong siap mengincar cairan daun dan batang cabe muda.

Hama pada tanaman cabe dan cara mengatasinya terutama hama Thrips dapat menggunakan insektisida jenis Agrimek, Demolish, Pagasus, Bamex dan Omite. Lakukan penyemprotan secara rutin.

Baca Juga >> Kumpulan Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabe Dan Manfaatnya

Tungau ( Polyphagotarsonamus latus Tetranycus sp)

Ketahuilah bahwa tanaman cabe sering diserang oleh tungau kuning dan tungauc merah. Kedua tungau ini memang sangat merepotkan perkembangan daun Cabe.

Jika daun cabe menggulung keatas dan kebawah serta warna daun akan menjadi coklat maka tanaman cabe tersebut sedang diserang oleh tungau.

Hama tungau tidak terlalu berbahaya karena secara alami tungau hidup di dalam benda hidup yang mereka inginkan. Seringkali setelah tanaman cabe diserang oleh tungau maka daun cabe akan menjadi rontok.

Daun akan tumbuh lagi meskipun membutuhkan proses yang lama.  Cara mengatasinya gunakan racun tungau yang dijual di toko pertanian. Anda juga bisa searching cara membuat larutan pembasmi  tungau dari bahan alami.

Kutu Daun (Myzuspersicae)

Setelah diserang kutu dun, maka daun cabe tersebut lama kelamaan akan menguning dan coklat  sehingga menyebabkan kematian pada batang cabe .

Sama dengan hama Thrip, kutu daun juga menyerang dengan cara menghisap cairan daun cabe. Berbadan kecil dan dilengkapi gigi super kecil siap mengincar cairan daun dan batang cabe muda.

Segala hama dapat dikendalikan terutama hama kutu daun yang dapat menggunakan insektisida jenis Agrimek, Demolish, Pagasus, Bamex dan Omite.

Lakukan penyemprotan secara rutin. Jika tidak mempan anda bisa gunaka pestisida yang lebih baik dari sebelumnya.

Lalat Buah ( Bacteocera dorsalis)

Dari keempat jenis hama yang telah disebutkan diatas hama lalat buah termasuk hama yang  mengancam kualitas buah cabe.

Jika tidak dibasmi lalat buahcakan menelurkan ratusan telur kedalam buah cabe yang sehat. Anak dari lalat buah inilah yang paling merusak kesehatan tanaman cabe merah dan hijau.

Lalat buah tidak akan pandang buluh dalam merusak tanaman cabe. Tidak hanya bertelur pada buah saja, lalat buah juga mengganggun pertumbuhan batang dan tangkai buah menguning.

Hama pada tananam cabe dan cara mengatasinya darinlalat buah sepertin membuat perangkap lalat. Jika tidak ingin repot basmi dengan insektisida Curracorn .

Patu Akar

Patu akar merupakan hama yang daapt mengakibatkan batang cabe menjadi roboh dan otomatis tidak bisa berkembang. Tanpa akar yang sehat dan kuat cabe tidak akan tumbuh sehat.

Sesuatu yang berhubungan dengan akar pasti menyerang tanaman dari bawah tanah.

Sehingga cara mengatasinya pun menaburkan pestisida ke tanah seperti membuat lingakaran. Jenis pestisida yang bisa digunkan berjenis Nematisida, Curater, Furadan dan Pentakur.

Ulat Tanah (Helicoberpa sp)

Hama pada tanaman cabai dan cara mengatasinya dimulai dari mempelajari perubahan musim dan bulan. Ulat tanah juga sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup buah cabai.

Bagimanapun semua jenis ulat tanpa terkecuali harus diantisipasi dengan pilihan peatisida yang tepat. Ulat tanah berwarna kuning dan hidup secara berkelompok menyerang tanaman cabe.

Semua jenis tanamn cabe di dunia pasti sangat kesushan dalam mengatasinya. Ulat ini beukuran cukup panjang seperti pensil. Pada malam hari ulat ini sangat aktif.

Sedangkan siang hari ulat ini akan bersembunyi di dalam tanah dan mulsa.

Baca Juga >> Kumpulan Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabe Dan Manfaatnya

Cara mengatasi ulat tanah sebaiknya menjaga kebersihan tanah adalah prioritas utama sebelum ditaburi dengan pestisida. Semprotkan jenis pestisida Curacorn, Metador, Sentoat atau Prevaton. Lakukan penyemprotan pada makam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here