Beranda Agribisnis Cara Mengatasi Bunga Cabe Yang Rontok

Cara Mengatasi Bunga Cabe Yang Rontok

BERBAGI
Cara-Mengatasi-Bunga-Cabe-Yang-Rontok

Cara mengatasi bunga cabe yang rontok. Proses penanaman tanaman cabai bisa di bilang gampang-gampang susah karena memerlukan teknik penanaman yang benar.

Bisa di bilang susah bagi yang baru awal atau coba-coba menanam cabai dan sebaliknya bagi yang sudah terbiasa akan menjadi hal yang sangat mudah.

Dalam menanam cabai rawan sekali terkena hama penyakit yang salah satunya dapat menyebabkan kerontokan bunga cabai sehingga panen tidak sesuai harapan.

Masalah kerontokan bunga cabai adalah permasalahan yang paling komplek di hadapi petani ketika dalam proses pertumbuhan bibit cabai.

Kerontokan bunga pada tanaman cabe akan sangat merugikan bagi petani karena kemungkinan besar gagal panen pun akan terjadi.

Oleh sebab itu anda perlu mengetahui teknik menanam cabi agar hal tersebut tidak terjadi. Untuk itu anda bisa artikel tentang cara menanam cabe di sini : Cara Menanam Cabai Dengan Prosedur yang Baik.

sebelum anda mengetahui solusi kerontokan bunga pada tanaman cabe akan lebih baiknya jika anda mengetahui berbagai macam penyebab kerontokan bunga cabe berikut:

Penyebab Bunga Cabe Rontok

  1. Tanaman mengalami kekeringan
  2. Tanaman cabai tidak mendapatkan cahaya matahari secara penuh
  3. Kondisi tanah terlalu basah atau lembab
  4. Serangan virus seperti Virus Gemini dan virus CMV ( Cucumber Mozaik Virus)
  5. Terkena hama tungau / aphids dan hama thrips
  6. kekurangan dan terlalu banyak pupuk
  7. kurangnya unsur kalsium pada tanaman
  8. kekurangan unsur mikro
  9. Terkena penyakit antraknosa

Di atas merupakan 9 penyebab kenapa bungan cabe rontok.

Selain bunga cabai yang rontok, hal di atas juga dapat menyebabkan buah bunga cabe rontok pada saat belum siap di panen.

Setelah anda tahu penyebab bunga cabai rontok, kini selanjutnya kami akan berbagai kepada anda bagaimana cara mengatasi bunga cabai rontok.

Cara Mengatasi Bunga Cabe yang Rontok

mencegah-bunga-cabai-rontok

1. Di usahakan kondisi tanah yang di gunakan untuk menanam cabai selalu terjaga dalam keadaan lembab pada saat musim kemarau.

Hal tersebut bisa di lakukan dengan cara melakukan penyiraman secara rutin agar kebutuhan air cukup untuk tanaman cabai.

Akan lebih baik jika menanam cabai di area yang dekat dengan sumber air seperti sumur ataupun sungai. Hal tersebut akan memudahkan penyiraman ketika musim kemarau.

2. Tanamlah cabai pada lahan yang dapat mendapatkan seinar matahari secara langsung, oleh sebab itu sangat tidak di anjurkan menanam cabai di lahan yang teduh atau banyak pohon besar karena sinar matahari terhalang.

3. Jika anda menanam cabai pada musim hujan, sebaiknya gunakan mulsa plastik yang berwarna hitam perak. Penggunaan mulsa palstik dapat menjaga kondisi tanah agar tidak terlalu basah pada waktu musim hujan.

4. Kurangi resiko serangan virus / hama tanaman cabai dengan tidak menanam cabai di area tanah bekas tanaman cabai dan juga kacang panjang. Jika akan menanam cabai sebaiknya seterilkan dulu tanah dari bekas tanaman tersebut, karena jika tidak akan mudah terkena serangan hama seperti aphids dan juga kutu kebul.

5. Gunakan pestisida yang sesuai dengan dosis atau takaran untuk menanggulangi serangan hama seperti aphids, tungau dan juga hama kutu.

6. Berilah pupuk nitrogen secukupnya, karena apabila kebanyakan dapat menyebabkan kerontokan bunga cabe dan juga dapat menyebabkan tanaman cabai rentang terkena penyakit yang lain.

7. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, gunakan pupuk kalsium sebagai pupuk dasar pada tanaman cabai. Pemerian pupuk kalsium bisa di lakukan dengan cara penyemprotan.

8. Selain memberikan pupuk dasar, tanaman cabai juga perlu di berikan unsur mikro. Pemberian unsur mikro bisa di lakukan dengan penyemprotan pada bagian daun.

Unsur mikro ini sidikit di butuhkan oleh tanaman cabai, kekurangan unsur hara mikro dapat menyebabkan kerontokan pada bunga cabe.

9. Untuk menanggulangi penyakit antraknosa maka semprotkan fungisida. Penyemprotan fungsida dapat di lakukan sejak dini. Karena Penyakit antraknosa sangat sulit sekali di tanggulangi jika samapi menyerang tanaman cabai anda.

Baca Juga :

  1. Cara Mempercepat Panen Tanaman Cabai dengan Teknik Perempalan
  2. 5 Cara Merawat Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat (Umur 1-4 Bulan)

Mungkin cukup sekian pembahsan tentang cara mengatasi bunga cabai  yang rontok, jika masih ada kebingungan bisa anda tanyakan di kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here