Beranda Agribisnis Cara Merawat Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat (Umur 1-4 Bulan)

Cara Merawat Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat (Umur 1-4 Bulan)

BERBAGI
Cara-Merawat-Tanaman-Cabe-Agar-Berbuah-Lebat

Cara Merawat tanaman cabe agar berbuah lebat. Cabai merupakan salah satu jenis sayuran yang paling di gemari oleh para petani untuk di tanama pada waktu tertentu.

Oleh sebab itu di Indonesia banyak sekali di temukan tanaman cabai di berbagai tempat. Seperti di pegunungan, ladang, area persawahan dan juga perkebunan holtikultur khusus tanaman cabe.

Jenis cabe yang di tanam oleh petani indonesia pun beragama. Seperti cabai rawit, cabai keriting, cabai merah, cabai ungu, cabai hijau dan sebagainya.

Tiap jenis cabai yang di tanam pun tentunya memerlukan biaya yang berbeda-beda dan juga perawatan yang sedikit berbeda.

Baca Juga : Klasifikasi Tanaman Cabai Kriting

Untuk menanam tanaman cabai juga ternyata di butuhkan biaya produksi yang cukup besar. Oleh sebab itu sebelum menanam cabai alangkah baiknya untuk memahami secara teknis bagaimana cara menanam cabai dari segi teknis maupun teori.

Hasil panen cabai yang mendapat banyak keuntungan kadang sangat sulit di capai ketika pengetahuan tentang cara menanam cabai dengan benar belum di kuasi betul.

Tenang saja disini kami akan berbagi cara merawat tanaman cabai di usia 1 hingga 4 bulan. Anda cukup mengikuti step by step yang ada di artikel ini.

Sebelum masuk ke step cara meerawat tanaman cabai yang benar. Alngkah baiknya membahas tentang hal-hal yang berpengaruh dalam masa penanaman cabe. Berikut beberapa tahapan yang sangat penting anda ketahui dalam menanam cabe:

  • Penyiraman
  • Pendangiran
  • Pemupukan berkala
  • Penyuluhan dan pengendalian hama

nah itulah tahapan pokok dalam budidaya tanaman cabe yang harus anda ketahui. Tahapan-tahapan tersebut lah faktor yang sangat mempengaruhi panen pada tanaman cabai. Dalam menanam cabe mebutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan untuk dapat di panen.

Jika anda ingin memulai menanam cabai tentulah di butuhkan persiapan yang matang. Agar kedepanya tidak salah dalam berbudidaya dan jeli dalam menyikapi trial and eror dalam masa penanaman.

Berikut cara merawat tanaman cabai dengan benar agar dapat panen yang melimpah ruah mulai dari usia 0 hingga 4 bulan.

Cara Merawat Tanaman Cabai dengan Benar

1. Cara Merawat Tanaman Cabe di Usia 0 Haring Hingga 1 Bulan

Pada masa cabai berumur sebelum 1 bulan. Anda harus fokus pada pemberian pupuk kandang seperti kotoran sapi yang telah di keringkan pada tanaman cabai.

Selain itu pupuk kandang dari kotoran ayam pun ternyata baik bagi tanaman cabe. Karena mengandung unsur phospor dan nitrogen yang sangat baik perkembangan dan pertumbuhan organ tanaman.

Perkembangan Cabe di Usia <1 bulan :

  1. Di saat tanaman cabai umur 0 hingga 7 hari biasanya telah memasuki semai bibit
  2. Setelah itu ketika cabai berumur 7 hingga 20 hari merupakan masa perpindahan pembesaran bibit yang masih berada di dalam pot polybag.
  3. Hingga akhirnya di usia 21 hingga 30 hari, pada masa itu waktu yang paling cocok di lakukan pemupukan dengan kotoran sapi ataupun ayam.

Perawatan lainya ang juga penting ketika cabai di usia kurang dari satu bulan adalah penyulaman.

Penyulaman adalah pembuangan rumput atau gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman cabe.

Mengingat di usia cabe yang kurang dari satu bulan sangat rentan sekali dengan kematian bibit yang di sebabkan oleh hal tersebut.

2. Perawatan Cabe di Usia 1 Sampai 2 Bualan

Pada masa usia tanaman cabe memasuki usia 1 – 2 bualan sebaiknya agar di beri pupuk phonska cair.

tanaman-cabai-usia-2-bulan

Pembuatan pupuk phoska cair sebagai berikut :

  • Siapkan beberapa pupuk organik seperti pupuk SP 1 kg, pupuk KCL 1 Kg dan juga pupuk phonska 2 Kg
  • Selanjutnya siapkan beberapa ember dan air bersih
  • Lalu tuangkan 8 liter air kedalam ember dan campurkan ketiga pupuk yang sudah di siapkan tadi
  • Aduk hingga rata
  • Pupuk phonska cair siap di gunakan

Cara penggunaan Pupuk Phonska Cair :

Ambil 1 liter terlebih dahulu dari 8 liter yang telah di buat tadi. Dari pupuk 1 liter yang di ambil tadi campurkan dengan 20 liter air bersih. Jadi 8 liter yang kita buat tadi bisa menjadi 160 liter pupuk setelah di campuri air.

Pencampuran air bertujuan agar akar tanaman cabe tidak kering. Karena terkena pupuk tanpa campuran air bersih Setelah larutan di campur dengan air. Lalu masukan ke dalam alat semprot untuk menyiram tanaman cabe yang berumur 1 – 2 bulan

Pemberian pupuk phonska cair sudah terbukti dapat menjadikan tanaman cabe berbuah lebat. Dan juga tanaman cabe akan menjadi lebih subur di banding tanpa penggunaan pupuk phonska cair.

waktu yang paling cocok di lakukan penyemprotan pupuk phonska ke tanaman cabai adalah di usia 1 bulan hingga 1,5 bulan. Karena pada usia tersebut tanamn cabe akan mudah terangsang dan dapet mengashilkan buah yang lebih lebat.

Perwatan lainya yang juga tak kalah penting adalah di ushakan tanah jangan sampi kering. Kontrol tanah setiap saat apabila tanah sampai kering mangka perlu di lakukan penyiraman.

Pada masa ini juga cocok di lakukan perempalan. Perempalan adalah teknik mempercapat pembuahan pada tanaman cabai. Untuk penjelasan selanjutnya bisa anda baca disini : Cara Agar Tanaman Cabai Cepat Berbuah dengan Teknik Perempalan.

3. Perawatan cabai di Usia 2 Hingga 3 Bulan

Apabila cabe sudah memasuki usi 2 – 3 bulan. Pada fase tersebut tanaman cabai sudah mulai berbunga. Dan juga berbuah banyak dengan syarat perawatan yang benar dan bagus.

Namun anda harus tetap mengontrol tanaman cabe tersebut jangan sampai terkena hama penyakit, tumbuh kerdil dan juga batangnya kurus.

4. Perawatan Cabe di Usia 3 Hingga 4 Bulan

Ketika tanaman cabe mulai memasuki usia 3 – 4 bulan anda perlu melakukan kontrol secara periodik.

tanaman-cabe-siap-panen

Untuk menjaga kelembapan tanah, anda juga perlu melakukan penyiraman untuk mengantisipasi kekeringan pada tanah.

Dengan terjaganya kelembapan tanah bertujuan untuk memudahkan pelarutan nutrisi pada tanah oleh akar tanaman dengan mudah.

Nah pada usia ini juga tanaman cabai sudah siap di panen. Untuk cara pemanenanya cuga ada cara tertentu yaitu dengan cara bertahap dari waktu e waktu. Pada umumnya tanaman cabe dapat dipanen 11 hingga 15 kali pemetikan.

Baca Juga : Cara Menanam Cabai Dengan Prosedur yang Baik

itulah bagaiman cara merawat tanaman cabe agar berbuah lebat dan pastinya menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here