Beranda Agribisnis Klasifikasi Tanaman Cabai Kriting

Klasifikasi Tanaman Cabai Kriting

BERBAGI
klasifikasi-tanaman-cabe-kriting

Klasifikasi Tanaman Cabe Kriting. cabai keriting merupakan jenis tanaman musiman yang dapat mencapai tinggi kurang lebih satu meter. Dengan daun yang berwarna hijau pekat / tua.

Bentuk daunya sendiri adalah seperti bujur telur dan bunga soliter yang mempunyai daun bunga putih.

Daftar Isi

Klasifikasi Tanaman Cabai Keriting

berikut klasifikasi tanaman cabai keriting :

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledonae
  • Genus : Capsicum
  • Family : Solaneceae
  • Spesies : Capsicum annuum L

Cabe keriting merupakan tumbuhan yang bisa hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan iklim tropis. Walaupun bisa tumbuh di ke dua dataran tersebut namun idealnya tanaman cabai di tanamai pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl.

Ketinggian tersebut mempunyai hawa yang tidak terlalu dingin dan juga tidak panas yang cocok untuk di tanami cabai.

Sedangkan untuk temperatur tanaman yang bagus untuk budidaya tanaman cabai keriting adalah kisaran 240 c hingga 270 c. Untuk masa pembuahan sendiri temepratur udara harusnya agak rendah yaitu pada kisaran 160 c hingga 230 c.

Baca Juga >> Cara Mempercepat Panen Tanaman Cabai dengan Teknik Perempalan

klasifikasi-cabai-keriting

Jenis Tanah Yang Cocok Untuk Budidaya Tanaman Cabai Keriting

Untuk tanah yang cocok digunakan untuk budidaya tanaman cabai keriting tidak perlu di persulit. Karena sebagain besar jenis tanah yang ada di indonesia cocok untuk di tanami cabai keriting.

Walaupun hampir semua jenis tanah di indonesia cocok untuk di tanami cabai keriting. Namun perlu di ketahui jenis tanah yang baik untuk mendapatkan cabai yang berkualitas adalah memenuhi beberapa aspek sebagai berikut :

  • Tanah yang gembur
  • Tidak becek atau mudah menggenang
  • Bebas nematoda / cacing tanah
  • Bebas dari penyakit tular tanah
  • juga kaya akan akan organik
  • PH tanah berada pada kisaran 5,5 hingga 6,8

Pengendalian Hama Penyakit Pada Budidaya Tanaman Cabai Keriting

Pengendalian penyakit dan hama pada budidaya tanaman cabai keriting sanagat lah penting di lakukan karena hal tersebut berdampak langsung pada produksi panen cabai yang di hasilkan.

Ada beberapa macam penyakit dan hama yang menyerang tanaman cabai keriting sebagai berikut :

  1. Colletotrichum spp ( serangan penakit busuk pada buah )
  2. Cercospora sp ( bercak yang timbul pada daun )
  3. Oidium sp ( cendawan tepung )
  4. Jika tanaman cabai keriting terkena salah satu dari hama dan penyakit tersebut maka hasil produksi pun akan berkurang
  5. kiranya 5% hingga 30% dari jumlah panen.

Strategi Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Cabai Keriting

Untuk startagi dalam meminimalisir terkena hama penyakit adalah dengan cara penerapan pengendalian secara berkala dan terpadu.

Dalam hal ini meliputi pengendalian hayati (biologi), kultur teknik, fifisk dan mekanik, varietas yang tahan lama dan tentunya cara kimiawi.

Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Panen Pada Tanaman Cabai keriting

Hasil panen pada budidaya tanaman cabai keriting sangat di pengaruhi oleh faktor lingkungan. Tempat di naman tanaman cabai keriting tersebut di budidayakan dan juga faktor carietasnya.

Di daerah dataran rendah pada umumnya waktu panen di lakukan ketika tanaman sudah berumur kisaran 75 hari hingga 80 hari. Dan panen ke dua di lakukan selang setelah 2 hingga 3 hari secara berkala.

Sedangan untuk budidaya tanaman cabai yang di lakukan di dataran tinggi umunya waktu panen di lakukan setelah tanaman cabai berumur 90 hari hingga 100 hari. Dan untuk panen kedua di lakuka berselang sekitar 6 hari hingga 10 hari di lakukan secara berkala.

Khusus untuk sasaran ekspor, panen cabai keriting dipilih pada tingkat kemasakan 85% – 90% saat warna buah merah-kehitaman. Di dataran rendah, panen cabai keriting untuk tujuan ekspor dapat diatur 2 hari sekali. Sedangkan di dataran tinggi antara 4-6 hari sekali.

Baca Juga >> Cara Merawat Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat (Umur 1-4 Bulan)

mungkin cukup sekian pembahasan tentang klasifikasi tanaman cabai keriting, kritik dan saran silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here