Beranda Peternakan Cara Menggemukkan Kambing Secara Alami

Cara Menggemukkan Kambing Secara Alami

BERBAGI
Cara-Menggemukkan-Kambing-Secara-Alami

Cara  menggemukkan kambing saat ini memang banyak dipelajari oleh peternak kambing baik dengan menggunakan media internet ataupun buku panduan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses penggemukan kambing. Mulai dari membuatan kandang, pemilihan bibit, cara perawatan hingga pada tahap pemanenan.

Biasanya, para peternak kambing akan melakukan penggemukan ketika sudah mendekati waktu hari raya idul adha. Karena pada waktu tersebut setiap kambing akan terjual dengan mudah dipasaran karena melonjaknya permintaan.

Pada saat itulah harga kambing akan mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga akan menjadi peluang usaha yang bagus untuk para peternak kambing.

Hal-Hal Yang Arus Diperhatikan Dalam Penggemukan Kambing

Dalam melakukan proses penggemukan, harus menggunakan perencanaan, pelaksanaan hingga pemeliharaan yang baik. Karena hal tersebut menjadi kunci sukses dalam proses penggemukkan.

Bagi anda yang baru saja bergabung menjadi peternak kambing. Tidak perlu khawatir kambing anda tidak akan laku karena saat ini permintaan pasar akan daging kambing selalu mengalami kenaikna setiap harinya.

Jika anda masih ragu karena belum mengetahui cara beternak yang baik. Maka pada kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara menggemukan kambing secara alami.

Baca Juga >> Cara Menanam Bawang Merah Dari Pembibitan Hingga Pemanenan

Teknik Penggemukan Kambing Yang Baik Dan Benar

Dalam penggemukkan kambing ini, tahap pertama yang harus diperhatikan adalah pembuatan kandang. Kandang yang digunakan harus anda atur dengan sedemikian rupa.

Hal tersebut bertujuan untuk memmberikan kenyamanan bagi kambing. Sehingga metabolisme kambing akan terpenuhi dengan pengaruh posisi yang tepat ketika menyantap makanan.

1. Pemilihan Lokasi Kandang

Selain itu, kandang kambing juga harus dibangun pada area atau wilayah yang tepat baik. Dari suhu hingga tingkat kenyamananya agar kotoran yang dihasilkan tidak menggangu kenyamanan masyarakat sekitar.

Dalam membuat kandang kambing, anda bisa memilih lokasi yang teduh. Apalagi untuk mempermudah penggemukan, anda bisa mendirikan kandang dibawah pohon yang rindang.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara didalamnya. Ketika anda mendirikan kandang, diperkukan sirkulasi udara yang baik dengan kira-kira suhu udara sekitar 35 derajat celcius.

Baiknya, lokasi yang anda pilih tidak terhalang tembok ataupun bangungan besar yang berada disekitar kandang. Dengan adanya sirkulasi udara yang bagus, maka dapat membantu menjaga kondisi kandang agar tetap bersih dan sehat. Karena kotoran dapat mengering dan tidak memberikan bau tidak sedap.

Dalam menikmati makananya, kambing juga memerlukan tempat yang nyaman agar nafsu makan dapat dengan mudah bertambah.

Dengan nafsu makan yang bertambah tersebut cara agar kambing cepat besar lebih mudah didapatkan. Suasana yang tenang juga dapat mengurangi kambing stress dan mudah terserang berbagai penyakit.

Dengan begitu, usahakan untuk tidak mendirikan kandang kambing dipinggir jalan raya atau pabrik yang menggunakn mesin bising. Satu tahap yang tidak boleh anda lupakan yaitu memastikan bahwa kambing dalam kandnag anda tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Bisanya untuk memudahkan proses penggemukan kambing secara alami anda tidak membutuhkan bahan-bahan pembuatan kandang yang mahal dan susah dicari.

2. Instalasi Kandang

Anda bisa menggunakan berbagai bahan yang ada seperti bambu, kayu, papan, asbes adan lain sebagainya. Selain itu, model kandang yang paling biasa diguankan adalah kandang kambing bentuk panggung. Memiliki tempat penampungan kotoran atau fases.

Untuk lebih memberikan kenyamanan, kambing juga membutuhkan tempat penampungan urin untuk menjaga kebersihan. Dan juga tempat penyimpanan makanan untuk memudahkan kambing dalam menikmati makananya. Nah beberpaa cara tersersebut adalah teknik penggemukan kambing secara alami dari segi pembuatan kandanng.

Baca Juga >> Cara Menanam Lada Yang Baik Dan Benar

 Cara Penggemukkan Kambing Dari Pemilihan Bibit

Sebenarnya, langkah utama yang harus lebih diperhatikan adalah pemilihan bibit kambing. Anda harus memilih jenis kambing apa yang akan anda ternak atau anda pelihara.

cara-berternak-kambing

Di negara  kita ini memiliki banyak jenis kambing yang biasa dibudidayakan dikalangan peternak mulai dari kambing kacang, etawa, PE, kambing jawa dan lain sebagainya.

Tetapi bagi anda yang  masih pemula, kami sarankan untuk mengguankan kambing jawa atau kacang sebagai hewan ternak anda. Kambing dengan jenis tersebut lebih mudah untuk dikemabngkan daripada beberapa jenis kambing lainya.

Adapun untuk ciri-ciri bibit kambing yang bagus biasanya pada umur empat hingga delapan bukan sudah memiliki punggung yang lurus dan panjang.

Biasanya bibit yang baik juga memiliki kerangka tulang yang besar dan lebar dengan perut yang bunct dan mulut yang lebar. Pastikan juga anda memilih bibt kambing yang sehat dan tidak cacat dengan mata yang cerah dan kaki yang kokoh.

Cara Pemeliharaan Kambing

Untuk cara pemeliharaan kambing agar cepat gemuk, anda tidak membutuhkan cara yang rumit. Bahkan cara ini lebih cenderung mudah, irirt, simpel dan tidak menbutuhkan banyak waktu.

Hal tersebut dipengaruhi karena adanya inovasi dalam pembuatan pakan kambing yang didapatkan dari proses fermentasi bahan-bahan organik.

Penggemukan kambing dengan pakan fregmentasi telah terbukti lebih efektif dan sangat ceat untuk menunjang prses penggemukan kambing.

Selain itu, cara yang yang harus anda lakukan hanya memperhatikan kebersihan kandang dan keyamananya seperti yang sudah kami jabarkan diatas.

Yang pasti, anda harus memberikan makanan dan minuman serta melakukan pengobatan jika kambing anda terserang penyakit. Berikt ini adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam pemeliharaan usaha penggemukan:

1. Menyediakan Kebutuhan Pakan Secara Teratur

Yang pertama adalah menyediakan pakan dan minum dengan teratur. Untuk cara menggemukkan kambing yang kurus, Anda harus memperhatikan nutrisi yang harus didapatkan oleh kambing anda dalam setiap harinya.

Selain itu, anda juga harus menjaga ksehatan dan nafsu makan kambing agar tetap stabil. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa memberikan suplemen SOC dengan takaran 5cc yang dilarutkan kedalam 15 liter air. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa memberikanya selama 2 kali sehari.

2. Menjaga Kebersihan Kandang

Cara selanjutnya dalam penggemukkan kambing adalah menjaga kebersihan kambing anda. kebersihan yang dimaksud disini meliputi area kandang, tempat makan atau minum dan  juga tempat pembuangan kotoran.

Anda harus membersihkan kandang jika kotoran sudah menumpuk. Nah apabila kambing ternak anda mengalami gangguan kesehatan seperti gatal-gatal, diare dan lain-lain, segeralah berikan obat yang bisa anda dapatkan dari toko peternakan.

Jika sudah dirasa parah, anda bisa mengkonsultasikanya dengan dokter hewan agar penyakit tersebut tidak menular pada ternak lainya.

Dalam melakukan usaha apapaun, setiap orang akan mengalami kendala tersendiri. Dengan begitu dibutuhkan niat dan tanggung jawab yang besar untuk mempertahankan setiap usaha yang mereka pilih.

Seperti halnya jika anda ingin melakukan penggemukkan kambing anda harus memperhatikan berbagai cara didalamya mulai dari pembuatan kandang, pemilihan bibit dan juga cara perawatanya.

Agar  usaha anda semakin berkembang, tidak ada salahnya untuk selalu meningkatkan hasil produksi dengan benar-benar memperhatikan perawatanya.

Baca Juga:

Semoga dengan infromasi cara menggemukkan kambing yang kami berikan dapat memotivasi dan memberikan tambahan pengetahuan bagi para peternak baik pemula ataupun yang sudah menjalankan peternakan mereka. jangan takut untuk melakuka usaha dan salam mitra budidaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here