Beranda Perikanan Berikut Keuntungan Ternak Ikan Lele Per 1000 Ekor Yang Bisa Anda Dapatkan

Berikut Keuntungan Ternak Ikan Lele Per 1000 Ekor Yang Bisa Anda Dapatkan

BERBAGI
Keuntungan ternak lele 1000 ekor
image : agrotani

Keuntungan ternak lele 1000 ekor. Usaha ikan lele merupakan salah satu usaha ternak yang menggiurkan. Pasalnya karakter ikan lele yang dikenal sangat tahan banting ini menyebabkan tingkat keberhasilan dalam ternaknya naik.

Selain itu, permintaan yang cenderung selalu meningkat membuat banyak penernak lelek bersaing untuk memproduksi ikan lele dengan cepat. Untuk itu, banyak orang yang ingin melakukan usaha ini dan dijadikan sebagai penghasilan utama oleh mereka.

Daftar Isi

Keuntungan Budidaya Ikan Lele

Keuntungan budidaya ikan lele terbilang besar. Sebelum mengetahui berapa pastinya dari hasil budidaya lele dan untuk lebih meyakinkan Anda dalam memulai usaha ternak lele ini, dibahas terlebih dahulu mengenai peluang usaha ini

keuntungan budidaya ikan lele
image : SangkutiFarm.com

1. Kemudahan dalam membudidayakannya

Budidaya ikan lele merupakan usaha dengan modal yang cenderung kecil. Selain benihnya yang murah, ikan lele dapat diternak dengan hanya menggunakan kolam terpal.

Ikan lele dikenal mempunyai daya tahan yang tinggi, ikan ini mampu hidup dengan area yang mempunyai kepadatan tinggi.

Artinya dalam satu kolam terdapat banyak ikan lele yang hidup berdesakan. Tentu saja hal ini yang menyebabkan ternak lele merupakan hal yang mudah dan dapat meraup banyak keuntungan.

2. Merupakan ikan favorit masyarakat

Tidak diragukan lagi, bahwa lele mempunyai cita rasa gurih yang sangat khas. Dagingnya yang padat dan lembut, membuat ikan ini menjadi salah satu ikan andalan yang disajikan di berbagai meja makan orang-orang.

Kandungan protein yang cukup tinggi ini juga menjadi salah satu alasan mengapa ikan lele begitu digemari. Kehadiran ikan lele sama hal nya serti daging ikan atau daging sapi yang sekarang menjadi kebutuhan utama. Dengan demikian, permintaan akan ikan lele selalu ada untuk setiap harinya.

3. Usaha pecel lele yang bertebaran

Siapa yang tidak kenal mengenai menu pecel lele. Hampir di seluruh pelosok nusantara, setiap daerah terdapat warung makan yang menyediakan menu lezat ini. Pedagang pecel lelepun menjadi target utama para pembudidaya ikan lele.

Dalam sehari pedangan pecel lele membutuhkan ratusan ikan lele untuk dijadikan menu andalannya. Tentunya ini menjadi peluang yang sangat besar untuk memulai usaha ternak lele.

Keuntungan Ternak Lele Per 1000 Ekor

Sebagai gambaran awal sebelum Anda memulai menjalankan usaha ternak ini, Anda bisa menyimak terlebih dahulu mengenai analisa modal dan laba ternak lele per 1000 ekor dibawah ini.

Dalam menghitung berapa untung yang didapatkan, maka perlu diketahui terlebih dahulu mengenai modal yang dibutuhkan. Berdasarkan survey harga tahun 2017, benih lele cenderung sangat murah yaitu Rp 100 per satu ekor.

keuntungan ternak lele per 1000 ekor
image : berita sumbar

Sehingga untuk 1000 ekor kita membutuhkan modal sebesar Rp 100.000. Selain benih kita juga harus menyediakan pakan lele. Setiap 1000 ekorlele membutuhkan kurang lebihnya 50 kg pakan ternak dengan harga Rp 10.000/kg. Sehingga total untuk pakan ternak seharga Rp 500.000 . Setelah dikalkulasi , total modal yang dibutuhkan sebesar Rp 600.000 .

Kemudian hitung pendapatan yang akan diperoleh. Asumsikan keberhasilan ternak sebesar 90%. Sehingga , total yang dapat dijual dari 1000 ekor adalah 900 ekor lele.

Harga jual lele dari peternak berupa kilogram berat. Untuk itu, kita perlu mengkonversikan jumlah lele kedalam berat. Satu ekor lele siap jual rata-rata mempunyai berat 0,2 kg, sehingga total berat keseluruhan adalah 180 kg.

Harga jual lele pada tahun 2017 sebesar Rp 17.000/kg. Dengan demikian total pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 3.060.000.

Keuntungan ternak lele per 1000, berdasarkan data modal dan pendapatan maka, keuntungan kotor yang diperoleh sebesar Rp 2.060.000.  Perlu diketahui, bahwa ternak dengan volume 1000 ekor termasuk dalam volume yang kecil.

Baca Juga : Rincian Biaya Ternak Lele di Kolam Terpal Yang Harus Anda Siapkan

Anda bisa saja memulai dengan volume diatas 10.000 ekor. Sehingga keuntungan yang diperoleh bisa 10 kali lipat. Bagaimana sangat menggiurkan bukan usaha ternak lele ini????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here