Beranda Perikanan Makanan Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Makanan Ikan Gurame Agar Cepat Besar

BERBAGI
makanan-ikan-gurame-agar-cepat-besar

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang memeliki masa pertumbuhan tergolong lambat, sehingga perlu adanya Makanan ikan gurame yang tepat, agar cepat tumbuh besar. Tidak dipungkiri, faktor pemberian makanan atau asupan protein nabati dan hewani yang seimbang ini sangat penting.

Ikan gurame murupakan salah satu budidaya ikan yang menguntungkan. Karena ikan gurame merupakan komoditas ikan yang memiliki harga jual yang tinggi, Berikut makanan ikan gurame yang anda harus tahu agar ikan gurame cepat besar

Pelet

Makanan ikan gurame yang pertama adalah pelet yang mengandung protein hewani sebesar 25% sampai dengan 30%. Dalam pemberian pelet, pilihlah pelet terapung. Untuk memudahkan ikan memakanya.

Anda juga harus memperhatikan nilai gizi yang terkandung dalam pelet, karena akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan. Sedangkan ukuran pada pelet dapat disesuaikan dengan mulut ikan.

Cara memberi memberi pakan ikan gurame di lakukan 2x sehari yaitu pagi dan sore.  Makanan tersebut diberikan  sebanyak 2% dari bobot benih. Anda juga tidak boleh memberikan makanan secara berlebihan.

Misalnya, cukup dengan 80% tingkat kekenyangan. Hal tersebut dapat dilihat dari ketika ikan sudah mulai menjauh dari makanan. Jika pemberian makan berlebihan di takutkan akan mengendap dan bisa menjadi racun untuk ikan.

Anda cukup menaburkan pallet pada satu titik kolam dengan sedikit demi sedikit. Anda tidak perlu meyebarkan pelet pada seluru bagian kolam.

Artikel Sebelumnya >> Mau Tau Cara Ternak Jalak Suren? Berikut Tips Sukses Bagi Pemula

Pakan Tambahan Dari Hewan

Pakan tambahan yang berasal dari hewan ini bisa seperti ikan teri, ikan rucak, limbah ikan dan ikan lainya. Juga keong, siput, bekicot dan limbah udang, cacing tanah,belalang dan hewan kecil lainya.

Jagung Rebus

Jangung rebus diketahui sangat baik untuk mempercepat dalam kematangan ‘’gonade’’ sehingga, dapat memperpendek waktu pemijahan. Jumlah jagung rebus yang dapat diberikan adalah 3%-5% dari berat badan induk.  Dengan begitu telur yang matan pada  usia 45-60 hari dapat diperpendek menjadi 25-30 hari.

pakan ikan gurame

Untuk pemberian makan ikan gurame adalah dengan menempatkan jagung di anyaman bambu (0,5 x 0,5 meter). Kemudian di tenggelamkan sekitar 15 cm pada jarak 0,5 meter pada pinggir kolam. Pilihlah tempat dimana ikan berkumpul. Dana tempat yang terlindungi

Daun-Daunan

Untuk menekan biaya dalam pemeliharaan ikan gurame, anda dapat memanfaatkan daun-daun sebagai pakan tambahan. Makanan ini dapat di tambahkan karena sifat ikan gurami yang omnivora.

Anda dapat menambahkan daun-daunan yang dapat di tanam di sekitar kolam. Seperti daun santhe. Daun santhe ini memiliki bentuk mirip daun talas. Daun tersebut yang memiliki ciri yang menonjol daunya, yang tegak keatas lurus dengan tangkainya,

Selain daun santhe, ada juga daun talas. Yang umbi nya dapat di manfaatkan untuk dimakan. Sedangkan daunnya cukup digemari ikan gurame.

Ada juga daun kangkung, daun ketela pohon/ singkong, caisin, daun talas, daun lamtoro, daun papaya, daun pisang, salada air, genjer.

Dan perlu di ingat untuk daun yang mengandung getah, harus di layukan terlebih dahulu seperti daun singkong dan talas. Karena di takutkan akan menganggu kesehatan ikan.

Penerapan Makanan

Anda juga dapat menerapkan makanan sebagai berikut. Seperti umur 10 hari anda dapat memberi dedek halus dan kuning pada telur. Kemudian umur 10 hari sampai 1,5 bulan  bisa rayap ular semut.

Sedangkan  1,5-3,5 bulan dapat diberikan hewani dan daun-daunan. Untuk 3,5 sampai 8 bulan diberikan tumbuhan air. Dan 8-12 bulan diberikan daun-daunan dan  pelet.

Terakhir jika lebih dari 12 bulan tetap daun-daunan dan pelet.  Untuk makanan ikan gurame biar cepat besar anda dapat memberikan juga enzim komplek kira-kira sebanyak kira-kira sebanyak 2 % dari pakan pabrik.

Baca Juga >> Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Hasil Maksimal

Itulah pakan ikan gurami yang bisa terapkan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi anda. Sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here