Beranda Bisnis UKM Peluang Usaha Ternak Lele Rumahan Yang Patut Anda Coba

Peluang Usaha Ternak Lele Rumahan Yang Patut Anda Coba

BERBAGI
peluang-usah-lele-rumahan
image :Andrey Hurayra - blogger

Peluang Usaha ternak lele rumahan, siapa takut ?  lele, siapa yang tidak kenal dengan ikan bernama latin clarias batrachus ini, persebarannya sangat massif di Negara ini. Apalagi dengan banyaknya penjual lele goreng dengan branding sebuah kota di jawa timur, ada yang tau apa ? lamongan, benar sekali. Pecel lamongan begitu sering kita sebut olahan dari ikan ini. Murah dan bergizi, tidak lupa harga yang merakyat.

Melihat banyaknya penjual lele seperti yang saya sebutkan diatas dapat di simpulkan bahwa banyak sekali orang yang membutuhkan lele. Otomatis terbuka peluang usaha yag dapat menambah pundi pundi uang kamu.

Terutama jika kamu bisa berternak lele sebagai usaha sampingan untuk mensuplai penjual pecel lele atau  kebutuhan rumah tangga.

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapakan Untuk Usaha Ternak Lele

Sebenarnya bertenar lele itu sangatlah gampang jika di bandingkan berternak ikan lain karena lelel termasuk ikan yang tahan penyakit dan tidak membutuhkan penanganan yang khusus. Berikut saya akan bagikan cara berternak ala saya:

Usaha-budidaya-ikan-lele-rumah
image : Usaha Rumahan – Blogspot

1. Siapkan kolam lele.

Bagaimana mau melakukan usaha budidaya lele rumahan  jika kita tidak memiliki kolam . karena lele itu adalah ikan jadi hidup di air. Kolam disisni tidaklah harus permanen kamu bisa juga membuat kolam portable dengan memanfaatkan terpal atau drum drum bekas.

Saran saya untuk ukuran 10m2 kamu gunakan untuk kepadatan 1000 bibit lele. Tinggal sesuaikan saja apakah kolam mu lebih besar atau lebih kecil. Tips saya jangan terlau padat karena lele itu kanibal. Dan jangan terlalu sedikit karena lele sulit gemuk terlalu banyak gerak

2. Pengelolaan air usaha ternak lele

Setelah siap kolamnya jangan untuk mengisi kolam dengan air, dan pastian air ini bersih dari zat zat beracun , kimia mau pun berbahaya.

Lebih baik lagi kalau airnya dari sungai yang jernih karena mengandung mikroba tau planton planton yang bisa menjadi sumber makanan lele kita. Kalau menggunakan air pdam bagaimana ? tidak masalah, baik juga untuk berternak lele.

Untuk pengisianya usahakan mengisi dengan ketinggian 50 cm saja untuk awal lalu tambahkan air menjadi 70 cm saat 4 minggu, 90 minggu saat 7 mingu dan 110 cm setelah 9 minggu.

Lele itu idealnya hidup di kondisi air tertentu kalau bahasa orang oramg pibter pada PH tertentu. Oleh karena itu diperlukan pengkondisian dengan cara melakukan pengomposan.

Pengomposan ini dilakukan dengan memasukkan pupuk kandang yang steril sebanyak 15kg untuk 10m2 dan biarkan selama kurang lebih seminggu. Dan untuk memancing planton tumbuh tambahkan zat prebiotik ( bisa dibeli ditoko pertanian) cukup 1 tutup botol kemudian larutan dengan air 2 liter. Kemudian sebar di kolam yang kita buatsebelumnya.

Jangan lupa lakukan sirkulasi air dan bersihkan kolam beberapa hari sekali.

3. Bibit lele

Tips saya beli lah bibit di orang yang anda percaya dan lokasi yang tidak terlalu jauh ari anda, sehingga bibit tidak memerlukan adaptasi cuaca saat dimasukkan ke kolam

Pilih bibit dengan ukuran 4-6 cm,

Sebar bibit saat pagi dan sore saja agar bibit tidak mati kepanasan di kolam, lebih baik sore

Cara sbarnya. Masukkan bibit leel beserta air dan wadah awlnya, biarkan lele keluar sendiri

4. Pemberian makanan

Selain makanan dari alam kita harus memberikan makanan tambahan yaitu pelletagar lele kita cepat besar. Sebaiknya diberikan pukul 9 pagi keatas karena suhu kolam sudah memanas.

Untuk banyaknya silahkan kamu sesuaikan sendiri. Menyesuaikan kapan jangka waktu yang ingin kam panen dan besar ikan lele yang kamu inginkan.

Baca Juga : Berikut Keuntungan Ternak Ikan Lele Per 1000 Ekor Yang Bisa Anda Dapatkan

Normalnya kita akan dapat memanen lele kita 90 hari setelah kita mulai menabur benih dnegan memberikan makanan lele kita 4 kali sehari.biasanya jika lelel kita sudah berukuran 7-10 ekor leel untuk 1 kg lele bisa dikatan sudah siap dipanen. Dan diatas adalah tips usaha ternak lele yang patut anda coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here