Beranda Perikanan Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Yang Benar

Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Yang Benar

BERBAGI
Ukuran-Kolam-Gurame-1000-Ekor
image : InfoAgribisnis.com

Ukuran Kolam ikan Gurame – Saat ini budidaya ikan memang sedang banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Selain cara budidaya yang mudah, budidaya ikan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Apalagi dengan meningkatnya permintaan ikan gurame dari mulai warung makan sederhana, restaurant kecil hingga restaurant ternama selalu menggunakan ikan ini sebagai menu andalan mereka.

Hal itu disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah karena cita rasa ikan gurame yang gurih dan empuk serta tidak membosankan. Ikan ini juga cocok untuk dijadikan berbagai olahan, mulai dari  yang digoreng hingga dibakar.

Tetapi, jika anda ingin mengambil bisnis budidaya tersebut, anda harus mengetahui ukuran kolam gurame 1000 ekor yang baik dan benar agar budidaya yang anda kembangkan ini tidak berujung pada kerugian.

Ukuran ikan gurame ini memang banyak dipertanyakan oleh para pembudidaya ikan, apalagi bagi mereka yang baru memulai usaha. Hal tersebut memang sangat  wajar karena dilihat dari banyaknya ikan dengan kapasitas kolam,  nantinya akan sangat  berpengaruh terhadap pembudidayaan gurame ini.

Dengan ukuran kolam yang sesuai, maka akan memperlancar pertumbuhan ikan gurame itu sendiri. Jika kondisi kolam terlalu padat, maka dapat mempengaruhi pertumbuhan gurame menjadi melambat.

Baca Juga >> Makanan Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Sedangkan jika terjadi kondisi sebaliknya, sudah pasti akan mengurangi potensi keuntungan baik dari segi ekonomis ataupun segi lainya. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar memperhatikan ukuran kolam yang digunakan dalam proses pembudidayaan ikan gurame.

Penggunaan Ukuran Kolam Ikan Gurame Yang Baik

Meskipun kelihatan sepele, ukuran kolam yang digunakan dalam pembudidayaan ini sangatlah berpengaruh terhadap kualitas ikan  gurame yang akan anda dapatkan. Oleh karena itu, dalam proses penentuanya pasti membutuhkan perhitungan yang matang.

ukuran kolam ikan gurame
image : http://www.invis-a-vision.com

Jika dalam proses pertumbuhan ikan gurame, batas kepadatan kolam dalam banyaknya ikan  gurame maksimal dalam kolam tersebut berkisar 20 ekor setiap meter persegi.

Dengan begitu, secara garis besar, jumlah  maksimal ikan gurame dalam setiap meter persegi berkisar antara 10 hingga 20 ekor.

Sedangkan untuk ukuran kolam  ikan gurame,   biasanya besar kolam yang digunakan adalah 100 hingga 500 meter persegi.

Sedangkan untuk tingkat kedalaman kolam  tersebut berkisar antara 70 cm dengan perbandingan  debit air yang masuk kedalam kolam adalah 15 hingga 20 liter pada setiap menitnya. Dengan begitu, anda bisa mengkira-kirakan ukuran kolam gurame 1000 ekor yang tepat.

Sedangkan untuk ukuran kolam yang lebih besar dan melebihi 500 meter persegi, jumlah ikan harus dikurangi hingga jumlah paling sedikit 10 ekor setiap meter persegi.

Hal tersebut sudah pasti jika anda menyesuaikan tinggi kolam hingga 80 cm dengan kecepatan air yang mengalir didalamnya  adalah 20 liter per menitnya.

Ukuran Kolam Ikan Gurame 1000 Ekor

Jika anda ingin menebar 1000 ekor ikan girame dalam satu kolam, maka harus diatur dengan sedemikian rupa dengan tetap mengikuti ketentuan yang sudah berlaku.

Jika tingkat kepadatan pada setiap  20 ekor setiap meter persegi, maka untuk ukuran minimal yang harus dibutuhkan untuk 1000 ekor ikan gurame adalah 50 meter persegi.

Tetapi, untuk ukuran kolam ikan gurame yang baik kami saranakan untuk menggunakan ukuran yang ideal. Maksudnya adalah menggunakan kolam dengan ukuran lima puluh hingga seratus meter persegi.

Untuk ketinggian air yang benar, anda bisa menggunakan ukuran 70 cm kemudian kadar air  yang masuk adalah 15 hingga 20 ekor setiap meter persegi.

Dengan ukuran kolam, ketinggian air, dan debit air tersebut, maka budidaya ikan gurame anda berada pada kepadatan ideal dengan kisaran 10 hingga 20 ekor.

Baca Juga >> Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Hasil Maksimal

Nah beberapa informasi tentang ukuran kolam 1000 ekor tersebut bisa anda pelajari untuk membantu proses pembudidayaan ikan gurame anda. Dengan ukuran yang sesuai dengan standar, maka hasil yang didapatkan akan semakin maksimal. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here