Home Bisnis UKM 10 Peluang Bisnis Wisata yang Menjanjikan

10 Peluang Bisnis Wisata yang Menjanjikan

peluang bisnis wisata
foto: senayan post

Industri pariwisata Indonesia telah mengalami periode pertumbuhan yang kuat dan membuka peluang bisnis wisata yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyak wisatawan yang berdatangan ke Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga selalu berkampanya dan melakukan promosi pada pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia.

Industri perjalanan dan pariwisata Indonesia menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Apa saja ya peluang yang bisa diambil untuk memanfaatkan kehadiran industri pariwisata di Indonesia?

Peluang Bisnis di Bidang Pariwisata

Pariwisata adalah salah satu industri jasa terbesar yang ada di beberapa negara. Pertumbuhan drastis industri ini meningkat dalam beberapa tahun terakhir membuat para pebisnis mencari ide dan peluang bisnis pariwisata yang inovatif.

Industri perjalanan dan pariwisata telah memberi manfaat bagi banyak orang dan memungkinkan mereka memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan menciptakan aliran pendapatan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Jadi, apakah Anda sedanf mencari peluang bisnis atau seseorang yang tinggal di kawasan wisata dan berencana untuk memulai bisnis wisata? Berikut adalah beberapa peluang yang bisa Anda manfaatkan.

1. Penginapan

peluang usaha pariwisata
foto: Agoda

Salah satu prioritas utama sebagian besar wisatawan adalah menemukan tempat yang aman dan terjamin. Wisatawan dapat memesan kamar di hotel, namun terkadang budget atau fasilitas di hotel sekitar wisata tidak sesuai dengan harapan, terutama saat wisatawan bepergian dengan teman, keluarga, atau pasangan.

Jadi, apa yang akan Anda lakukan jika berada di posisi wisatawan? Mengapa tidak Anda coba untuk membangun sebuah penginapan yang low budget namun nyaman dan unik? Membuat penginapan adalah ide bisnis pariwisata yang bagus untuk pemilik tanah.

Anda akan mendapatkan banyak uang jika Anda memiliki rumah, kondominium, apartemen, atau bahkan lahan terbuka di dekat tempat wisata. Dengan meningkatnya layanan penginaoan, peluang ini dapat mengubah keberuntungan Anda.

2. Fotografer

Sangat menyenangkan untuk bepergian dan berfoto. Jika Anda seorang fotografer dan suka mengunjungi berbagai tempat untuk bersenang-senang. Anda juga dapat menghasilkan uang dari hobi ini. Berikut adalah tiga cara untuk menghasilkan uang jika Anda memiliki kamera yang bagus.

  • Anda dapat bekerja untuk perusahaan atau publikasi sebagai fotografer.
  • Jual foto Anda ke situs fotografi digital secara online.
  • Ambil foto turis di tempat wisata dan kenakan biaya yang wajar.

4. Pemandu Wisata

peluang bisnis pariwisata
foto: Antara Jateng

Apakah Anda tinggal di dekat sebuah tempat dan hampir ratusan orang datang dan pergi setiap hari di tempat tersebut untuk tujuan wisata?

Tahukah Anda tempat wisata yang ingin dikunjungi orang baru tersebut dan bagaimana rute serta informasi terkait wisatanya?

Jika ya, menjadi seorang pemandu wisata merupakan salah satu ide bisnis pariwisata yang mudah.

Baca juga –> Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Terbaru

5. Layanan Pengiriman Bagasi

Saat berlibur, wisatawan membawa barang-barang untuk keperluan mereka sehari-hari. Terkadang wisatawan ini merasa berat dan bosan dengan barang bawaan mereka. Barang bawaan yang banyak hanya akan merepotkan untuk mereka yang mencari kesenangan dalam berwisata.

Nah, menjadi layanan pengiriman bagasi adalah salah satu peluang bisnis inovatif di industri perhotelan. Jadi, mengapa tidak mengambil peluang Anda untuk masuk ke industri dengan cara ini.

Dibutuhkan investasi yang cukup untuk memulai layanan pengiriman bagasi yang lengkap. Bagaimana jika Anda tidak punya modal besar? Tidak masalah. Mulailah layanan pengiriman koper pribadi dan kembangkan secara bertahap.

6. Influencer Media Sosial

Salah satu bisnis rumahan yang keren untuk traveller adalah menjadi influencer media sosial.

Ada dua cara untuk menghasilkan uang sebagai influencer media sosial yakni mendapatkan sponsor untuk berbagi foto di Facebook dan Instagram Anda.

Lakukan pemasaran afiliasi dan dapatkan komisi untuk setiap produk wisata yang terjual karena Anda seperti tiket hotel, tiket wisata dan sebagainya.

7. Penerjemah

Apakah Anda bisa berbicara bahasa asing dengan lancar?

Mengapa tidak menawarkan layanan Anda kepada wisatawan sebagai penerjemah?

Anda hanya harus menerjemahkan bahasa lokal dan membantu wisatawan mengetahui budaya negara ini.

Cobalah untuk mempromosikan keahlian Anda ini kepada para turis mancanegara.

8. Vlogger Perjalanan

peluang bisnis wisata
foto: blibli

Vlogging adalah tren populer saat ini dan ini juga merupakan bisnis yang keren. Bahkan vlogging bisa menjadi nilai lebih bagi orang-orang yang suka bepergian.

Anda perlu mengunjungi berbagai tempat, membuat video dan mempublikasikannya di saluran YouTube atau sosial media lainnya.

Bagian terbaiknya adalah, Anda bisa menghasilkan uang melalui sejumlah cara seperti:

  • Anda dapat menjadi anggota Program Mitra Google dan menghasilkan uang melalui AdSense.
  • Anda dapat melakukan pemasaran afiliasi.
  • Anda akan mendapatkan sponsor, perjalanan gratis, dan banyak insentif lainnya untuk memasarkan produk dan layanan perusahaan.

Lihat juga –> Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Terbaru

9. Toko Souvenir

Apakah Anda suka membuat barang-barang handmade? Mengapa tidak Anda manfaatkan kemampuan Anda tersebut untuk berbisnis souvenir atau buah tangan khas wisata tersebut.

Jika Anda tidak bisa membuat sendiri souvenir, maka Anda bisa mensupplainya dari toko lain dan jual di toko Anda sendiri. Beli lahan di sekitar tempat wisata dan bangun toko souvenir Anda sendiri.

10. Usaha persewaan kendaraan

Bisnis persewaan kendaraan merupakan salah satu ide bisnis pariwisata yang menguntungkan, terutama di wisata pedesaan dan kota-kota kecil.

Kota dan desa tidak memiliki layanan transportasi yang cepat dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, wisatawan tentunya membutuhkan kendaraan untuk mencapai tujuan tersebut.

Artikel sebelumnya –> Peluang Usaha Ternak Lele Rumahan Yang Patut Anda Coba

Hal yang Anda butuhkan hanyalah armada mobil, staf, dan lokasi yang baik. Anda harus menargetkan wisatawan secara spesifik agar banyak orang mau datang ke layanan rental mobil Anda.

Dari 10 peluang bisnis wisata yang menguntungkan di atas, mana nih yang paling menarik minat Anda? Apakah membuka toko souvenir? Penginapan? Atau seorang vlogger?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here