Beranda Agribisnis Cara Budidaya Jamur Merang dengan Prosedur yang Benar

Cara Budidaya Jamur Merang dengan Prosedur yang Benar

BERBAGI
Cara-budidaya-jamur-merang

Cara budidaya jamur merang ini sangat mudah. Mengapa jamur merang dibudidayakan dan diperjual belikan? Sebab kandungan di dalam jamur merang sendiri sangat banyak dan kompleks.

Jamur merang ini merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung manfaat bagi tubuh dan tentu saja menyehatkan. Pembahasan kali ini anda akan mengetahui cara budidaya jamur merang dengan prosedur yang benar.

Daftar Isi

Cara Membudidayakan Jamur Merang

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis dan keuntungan besar dari bisnis tersebut, maka budidaya jamur merang ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tak perlu modal yang terlau besar untuk membudidayakan jamur ini, dengan modal yang kecil sekalipun jamur tetap bisa tumbuh dengan baik,tergantung perawatan dari si pemilik jamur itu sendiri.

Ada banyak sekali jenis jamur memang, namun yang paling cocok dikembangkan dan dijadikan sebagai lahan bisnis bagi pemula adalah jamur merang.

Tak perlu khawatir akan mengalami kegagalan dalam menumbuhkan jamur merang. Dengan sedikit saja mengetahui sifat dan karakter jamur, maka budidaya jamur akan lancar.

cara membuat bibit jamur merang

Berikut iniakan diukas secara singat bagaimana dan faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam budidaya jamur merang.

1. Persiapan lahan

Sebenarnya cara budidaya jamur merang tak memerlukan lahan yang lebar atau luas untuk budidaya jamur merang. Jamur bisa disusun bertumpuk untuk menghemat lahan. Media yang digunakan untuk tumbuhnya jamur sendiri adala berupa kumbung.

Apa itu kumbung? Kumbung adalah medium tanam yang terbuat dari bambu atau kayu. Umumnya, ukuran umbung adalah sekitar 6 meter kali 4 meter dengan tinggi mencapai 3,5 meter.

Suhu udara di sekitar kumbung dapat dijaga agar tetap pada antara 28 sampai 35 derajat celsius. Untuk mnjaga suhu bisa menggunakan bohlam atau yang semacamnya.

2. Media tanam

Media tanam di dalam kumbung harus disiapkan dengan baik. Ada beberapa detail komposisi yang harus digunakan, antara lain adalah :

  • kapur 5 kg
  • kardus 20 kg
  • dedak halus 5 kg
  • pupuk NPK ¼ kg
  • campuran limbah sayur 10 karung atau secukupnya menyesuaikan dengan kebutuhan
  • bonggol pisang 5 kg
  • petroganik 1 kg
  • bibit 5 botol dan aram sekam 25 kg

Komposisi tersebut bisa lebih atau urang tergantung dari seberapa besar media yang ada dan juga modal tentunya.

3. Teknik penanaman jamur merang

Selanjutnya yang paling berpengaruh dalam keberhasilan pembudidayaan jamur merang adalah teknik penanaman jamurnya, bagian ini adalah bagian yang paling penting.

Pertama, taburi media tanam berupa kardus yang sudah direndam dengan sisa kapur lalu ditiriskan di atas kumbung. Setelah beberapa saat, media tersebut akan menjadi gundukan dan kemudian harus dirapikan.

Selanjutnya ½ campuran limbah sayur dan bonggol harus dicampurkan dan ditaburkan di atas gundukan tersebut. Lalu tambahkan dedak.

Lakukan pula penguapan panas dengan suhu 60-70 derajat celcius, kumbung harus dipastikan agar tertutup supaya uap panas stabil.

Setelahnya kumbung dapat dibuka agar suhunya turun hingga 30 derajat celcius. Selanjutnya bibit tinggal ditaburkan di atas media tanam, setelahnya kemudian tutup bibit dengan arang sekam.

Cara membuat bibit jamur merang juga dapat dilakukan dengan hal tersebut. Jamur kecil akan tumbuh disertai dengan munculnya bibit baru.

4. Perawatan

Seusai menanam dengan baik, maka Anda harus melakukan perawatan terhadap jamur dengan sangat baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untu pemeliharaan jamur.

  • Menjaga suhu kumbung antara 28-35 derajat celcius.
  • Membuka plastik setiap hari minimal 1 kali 10 menit agar sirkulasi udara lancar.
  • Sinar matahari dengan mudah menerobos masuk.
  • Semprotkan 10 liter air cucian beras yang sudah dicampur dengan biogan pada hari kelima penanaman.

5. Pemanenan

Pemanenan jamur merang dapat dilakukan 10 sampai 14 hari setelah haru pertama penanaman bibit. Tumbuhnya jamur merang ini sangat cepat. Panen dapat dilakuan dengan cara memetik jamur dengan teknik khusus satu persatu.

Baca Juga >> Makanan Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Manfaat Jamur Merang Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat jamur merang bagi kesehatan. Selain sebagai bahan makanan yang mengenyangkan saja, jamur memiliki manfaat sebagai berikut ini.

cara menanam jamur merang

1. Mengandung kolesterol yang rendah

Kandungan protein dalam sebuah jamur sangat tinggi, lemak jahat tidak ada di dalam jamur merang, selain itu kandungan karbohidrat juga rendah.

Akibatnya orang yang mengkonsumsi jamur merang tidak perlu khawatir untuk gemuk. Dengan kandungan protein yang tinggi dan sehat tersebut, maka jamur merang dapat membakar kolesterol di sistem pencernaan.

2. Baik bagi penderita diabetes

Jamur merang mengandung insulin alami yang sangat baik bagi penderita diabetes. Jamur ini memiliki kandungan lemak yang rendah dan juga karbohidrat yang sedikit.

Jenis jamur ini apabila dikonsumsi, sangat baik terhadap fungsi hati, pankreas, dan juga kelenjar endokrinal. Peningkatan jumlah insulin akan terjadi dengan jumah yang tepat.

Kandungan antibiotik pada jamur merang baik untuk menghindari infeksi dan mempercepat penyembuhan luka terhadap penyakit diabetes.

3. Mencegah pertumbuhan kanker

Kanker sendiri terjadi aibat kelainan dan tidak sempurnanya pembelahan sel di dalam tubuh, sel sendiri ada banyak sekali macam dan jenisnya.

Oleh karena itu kanker ada banyak sekali jenisnya. Jamur merang mengandung yang namanya beta glukan dan asam linoleat terkonjungsi.

Apa efek yang dapat ditimbulkan dari kandungan jamur tersebut? Kandungan tersebut dapat menurunkan efek dari hormon estrogen yang terlalu tinggi. Hormon estrogen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kanker payudara.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jamur merang mengandung ergothioneine, atau antioksidan kuat yang mampu secara efektif melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kandungan tersebut dapat menghambat penginfeksian jamur, mikroba dan lain-lain. Kandungan lainnya seperti vitamin A, B kompleks dan juga C juga sangat bermanfaat bagi tubuh.

5. Baik untuk diet dan masa pertumbuhan

Jamur merang yang tidak banyak mengandung lemak sangat baik untuk keberlangsungan program diet. Bahkan kandungan protein di dalam jamur bisa juga digunakan untuk membakar lemak itu sendiri.

Serat yang padat juga baik untuk pencernaan. Selain bagus untuk diet, jamur merang juga bagus untuk masa pertumbuhan. Seperti yang kita ketahui bahwa jamur itu memiliki kandungan protein yang tinggi. Sedangkan protein sendiri sangat bagus untuk pertumbuhan.

Konsumsi jamur merang di masa pertumbuhan akan membantu proses pertumbuhan secara lebih baik dan maksimal.

Baca Juga >> Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Hasil Maksimal

Pengolahan Jamur Merang

Untuk mengolah jamur merang, pilihlah secara teliti jamur merang itu sendiri. Pilih jamur yang masih segar, yang paling penting adalah jangan sampai salah memilih jamur sebab ada jamur yang mengandung racun.

Maka berhati-hatilah dalam memilih jamur yang tidak beracun, sebab jamur memiliki bau dan bentuk yang hampir sama. Berikut ini adalah kiat memasak jamur merang.

  • Bersihkan jamur terlebih dahulu dari kotoran kemudian cuci bersih.
  • Rebus jamur sampai mendidih, kira-kira 5 menit.
  • Buang air rebusan jamur setelah keluar buih dan air berubah menjadi kecoklatan. Buang air rebusan tersebut.
  • Bila jamur dengan air dingin 2 sampai 3 kali kemudian tiriskan.
  • Selanjutnya jamur tinggal dimasak sesuai selera, jangan terlalu lama menyimpan jamur yang sudah direbus sebab jamur akan menjadi layu dan busuk.

Baca Juga:

  1. Cara Beternak Puyuh Bagi Pemula
  2. Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Yang Benar

Itulah tadi cara menanam jamur merang secara mudah dan manfaat yang ada di dalam jamur tersebut, semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here