Beranda Agribisnis Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji Hingga Berbunga

Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji Hingga Berbunga

BERBAGI
Cara-Menanam-Bunga-Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar ini cukup mudah di lakukan jika mau teliti dan rajin. Bunga mawar menjadi salah satu bunga yang banyak diminati banyak orang untuk di berikan pada orang yang spesial. Bunga mawar ini biasanya digunakan untuk serangkaian bunga wisuda, pernikahan dan juga hari-hari tertentu.

Jika sudah masa panen tapi tidak di panen lama kelaman kelopak mawar akan rontok. Tentunya hal ini tidak akan terjadi pada anda bukan?

Benih mawar biasanya di tanam dengan menggunakan stek batang, tapi kini ada juga Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji Hingga Berbunga. Untuk mendapatkan bijinya sekarang juga tidak perlu repot.

Cukup dengan memanfaatkan smartphone yang anda miliki maka anda akan mendapatkan bji mawar. Anda bisa melakukan pemesanan lewat online. Harga yang di tawarkan juga cukup terjangkau. Cukup anda ketik saja “biji bunga mawar” dan berbagai situs tentu akan muncul.

Produsen ataupun penjual biasanya sudah mengemas bunga mawar sedemikian rupa sampai rapi. Selain itu biasanya juga ada petunjuk penanamannya. Untuk Budidaya Bunga Mawar pemula sangat cocok.

Jadi anda tidak bingung  dan bartanya-tanya bagaimana untuk menanamnya. Jika memang di kemasaannya tidak disertai dengan petunjuk maka anda bisa mencari cara menanamnya dari internet. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan untuk membaca paragraf selanjutnya.

Menanam Mawar Dengan Biji

Langkah awal Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji yaitu dengan mengetahui apakah biji mawar yang akan di tanam sudah terstratifikasi atau belum. Biasanya terdapat tulisan bahwa mawar ini sudah terstratifikasi.

proses-penanamn-bunga-mawar

Jika belum, maka anda harus stratifikasi terlebih dahulu. Startiikasi yaitu proses memperbanyak biji mawar agar mudah berkecambah. Agar biji mawar bisa berkecambah anda bisa melakukan hal berikut ini.

  • Letakkan biji mawar dengan menggunakan bahan basah seperti handuk kertas. Biji mawar akan mudah berkecambah pada kondisi yang dingin dan juga basah.
  • Letakkan mawar diantara dua lapisan yang sedikit sudah di basahi handak kertas. Letakkan di lemari pendingin dalam kondisi terbungkus plastik. Sebaiknya anda pisahkan tempat meletakan biji bunga mawar dengan rak buah atau sayuran. Kenapa? Karena zat kimia yang terdapat pada suyaran atau buah akan menghambat biji mawar berkecambah.
  • Menjaga handuk kertas agar selalu basah dan meneteskan air pada biji mawar. Anda bisa memeriksanya dua kali dalam seminggu. Cepat atau tidaknya saat berkecambah ini tergantung dari jenis biji mawar yang akan di tanam.

Artikel Sebelumnya >> Cara Beternak Puyuh Bagi Pemula

Proses Pembibitan Bunga Mawar

Setelah anda mengetahui stratifikasi ini Cara Menanam Bunga Mawar selanjutnya yaitu mempersiapkan nampan pembibitan. Jika anda tidak memilikinya bisa membelinya di toko online juga.

Selain itu anda juga bisa menggunakan alternatif dengan menggunakan gelas plastik yang dilubangi pada bagian bawah. Hal ini bertujuan agar akarnya mudah terlihat dan bisa tumbuh lebih besar, drainasenya jug akan lebih baik.

Untuk media tanam yang baik dalam masa pembibitan yaitu menggunakan tanah humus dan juga pasir dengan perbandingan 1:1. Selain itu anda juga bisa menggunakan sekam padi.

Sebaiknya anda menghindari menggunakan tanah biasa, kenapa? Karena bisa menyebabkan benih mawar ini cepat membusuk. Anda bisa menanam biji mawar dengan kedalaman 6 milimeter dan ruang biji minimal 5 centimeter.

Biji mawar akan tumbuh dalam waktu seminggu. Jika anda membeli biji mawar yang sudah di stratifikasi mungkin akan menunggu selama beberapa minggu.

Jika anda menempatkaan biji mawar yang beum di startfikasi dan telah di stratifikais sediri, tanaman mawar ini akan bertahan selama dua atau tiga tahun. Pada pembibitan ini jagalah media tanam yang lembap dengan suhu 160C-210C.

Biji mawar akan tumbuh dengan baik jika menerima sinar matahari selama 6 jam untuk tiap harinya. Tapi, untuk setiap jenis mawar juga ternyata berbeda-beda kadar kebutuhan sinar matahari.

Jika biji mawar sudah mengeluarkan daun maka anda lihat daun yang keluar itu daun sejati atau kotiledon. Daun sejati bisa anda lihat seperti halnya mawar yang sudah tumbuh besar. jika ternyata sudah muncul silahkan untuk melakukan transplantasi.

Media Tanam

Anda bisa memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar di luar ruangan pada kondisi yang dingin. Bisa jadi saat mendung ataupun sore hari. Hal ini bertujuan agar tanaman tidak kehabisan air.

Setelah anda berhasil memindahkan mawar ke pot yang lebih besar langkah selanjutny yaitu merawat dan juga memupuknya agar cepat berbunga.

Cara Menanam Bunga Mawar Di Tanah dan juga di pot ini sedikit berbeda. Jika di tanah tanaman bisa langsung mendapatkan unsur hara yang luas dibandingkan di pot.

Sehingga parawatannya juga membutuhkan tenaga yang lebih di pot. Tapi di pot juga memiliki kelebihan yang lain yaitu bisa di pindahkan ke tempat lain dengan mudah.

Jika anda lihat cara menanam bunga mawar dengan menggunakan biji dan Cara Menanam Bung Mawar Dari Batang sangatlah berebda. Kebanyakan orang lebih memilih untuk stek batang dibandingkan biji.

Hal ini sebenarnya tidak masalah, jika sudah memiliki tanaman mawar sebaiknya anda manfaatkan stek batang saja. Tapi, jika ternyata variates yanga anda inginkan belum ada, anda bisa menanam biji mawar.

Cara Tepat Agar Mawar Berbunga

Setelah anda tahu bagiamana cara menanm mawar dengan menggunakan biji maka anda juga harus tahu Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga.

Untuk melakukan misi ini sebaiknya anda harus melakukan perawatan baik yang teliti dan juga sabar. Anda harus memperhatikan kondisi air pada tiap harinya.

Jangan biarkan tanaman mawar  kekeringan. Hal ini akan menjadikan mawar mudah layu. Selain itu jangan sampai juga tanaman mawar ini terlalu lama tergenang air.

Selain itu anda perlu juga melakukan pemupukan untuk tumbuh kembang tanaman mawar. Anda bisa menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang.

Jika tidak ada anda juga bisa menggunakan pupuk kimia yang berjenis NPK. Dalam proses pemupukan, anda jangan lupa untuk mengetahui takaran yang di berikan.

Kelabihan ataupun kekuragan pupuk tidak baik untuk tanaman. Sebenarnya hal ini juga berlaku pada tanaman yang lainnya juga.

Anda juga bisa memotong bagian ranting yang sudah kering. Dengan demikian tanaman mawar akan lebih terlihat indah. Selain itu memotong ranting yang sudah kering juga akan memunculkan ranting yang baru lagi.

Tentunya ranting yang baru jauh lebih segar. Dengan demikian akan lebih meghasilkan bunga yang banyak dan juga sempurna.

Lakukan perawatan dari hama dan juga gulma. Hilangkan tanamna yang berada disekitar tanaman mawar jauh-jauh. Hal ini akan menjadikan nutrisi yang ada pada tanaman mawar di ambil oleh gulma tersebut. Selain itu jika terdapat hama yang berupa ulat anda juga bisa menyemprot dengan obat anti hama.

Baca Juga: 

Demikian tadi, Cara Menanam Bunga Mawar menggunakan biji dengan cepat. Selain itu anda juga bisa melakukan cara agar tanaman mawar bisa cepat berbunga. Anda bisa melakukan langkah yang sudah di berikan untuk menanam bunga mawar dengan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here